Jurnal Isnani Murti

Jurnal Kuliner dan Pengobatan Tradisional

MENUNJUKKAN SEMANGAT KEBANGSAAN

Posted by Isnani Murti on July 12, 2008

Ketua Kelompok

Ade Sulaiman

Anggota

1.       Apandi

2.     Dian Anggrini

3.     Marisza Eka Hastuti

PERMASALAHAN

1.       Apakah pengertian nasionalisme itu ?

2.     Apa sajakah unsur-unsur nasionalisme ?

3.     Apakah faktor-faktor timbulnya nasionalisme ?

4.     Apa tujuan nasionalisme ?

5.     Apakah akibat munculnya nasionalisme ?

6.     Faktor-faktor apa sajakah yang mendorong munculnya nasionalisme di Indonesia ?

7.     Konsep-konsep apa sajakah yang berhubungan dengan nasionalisme ?

8.     Apakah pengertian rasa kebangsaan ?

9.     Apakah pengertian semangat kebangsaan ?

10.  Apakah pengertian paham kebangsaan ?

 

MENUNJUKKAN SEMANGAT KEBANGSAAN

Pengertian

Nasionalisme berasal dari kata nation ( bangsa ). Nasionalisme adalah suatu gejala psikologis berupa rasa persamaan dari sekelompok manusia yang menimbulkan kesadaran sebagai bangsa. Bangsa adalah sekelompok manusia yang hidup dalam suatu wilayah tertentu dan memiliki rasa persatuan yang timbul karena kesamaan pengalaman sejarah, serta memiliki cita-cita bersama yang ingin dilaksanakan di dalam negara yang berbentuk negara nasional.

 

Unsur-Unsur Nasionalisme

          Semangat kebangsaan ( nasionalisme ) yang ada pada diri seseorang tidak datang dengan sendiri, tetapi dipengaruhi oleh unsur-unsur sebagai berikut.

a.      Perasaan nasional

b.     Watak nasional

c.      Batas nasional ( yang memberikan pengaruh emosional dan ekonomis pada diri individu ).

d.      Bahasa nasional

e.      Peralatan nasional

f.      Agama

 

Timbulnya Nasionalisme

          Nasionalisme muncul dibelahan negara-negara dunia. Akan tetapi, faktor penyebab timbulnya nasionalisme di setiap benua berbeda.

          Nasionalisme Eropa muncul disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut.

a.                  Munculnya paham rasionalisme dan romantisme.

b.                 Munculnya paham aufklarung dan kosmopolitanisme.

c.                  Terjadinya revolusi Prancis.

d.                  Reaksi atau agresi yang dilakukan oleh Napoleon Bonaparte.

Nasionalisme Asia muncul disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut.

a.                   Adanya kenangan akan kejayaan masa lampau.

b.                  Imperalisme

c.                   Pengaruh paham revolusi Prancis.

d.                  Adanya kemenangan Jepang atas Rusia.

e.                   Piagam Atlantic charter.

f.                   Timbulnya golongan terpelajar.

 

Tujuan Nasionalisme

          Pada dasarnya nasionalisme yang muncul dibanyak negara memiliki tujuan sebagai berikut.

a.      Menjamin kemauan dan kekuatan mempertahankan masyarakat nasional melawan musuh dari luar sehingga melahirkan semangat rela berkorban.

b.     Menghilangkan Ekstremisme ( tuntutan yang berlebihan ) dari warga negara ( individu dan kelompok ).

 

Akibat Nasionalisme

          Nasionalisme yang muncul di beberapa negara membawa akibat yang beraneka ragam. Akibat munculnya nasinalisme di beberapa negara adalah sebagai berikut.

a.      Timbulnya negara nasional ( national state )

b.     Peperangan

c.      Imprialisme

d.      Proteksionisme

e.      Akibat sosial

 

Faktor Pendorong Munculnya Nasionalisme di Indonesia

          Munculnya nasionalisme pada masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh faktor dari dalam ( intern ) dan faktor dari luar ( ekstern ). Faktor intern yang mempengaruhi munculnya nasionalisme Indonesia adalah sebagai berikut.

a.      Timbulnya kembali golongan pertengahan, kaum terpelajar.

b.     Adanya penderitaan dan kesengsaraan yang dialami oleh seluruh rakyat dalam berbagai bidang kehidupan

c.      Pengaruh golongan peranakan

d.      Adanya keinginan untuk melepaskan diri dari imperialisme

Faktor ekstern yang mempengaruhi munculnya nasionalisme Indonesia adalah sebagai berikut.

a.      Faham-faham modern dari Eropa ( liberalisme, humanisme, nasionalisme, dan komunisme )

b.     Gerakan pan-islamisme

c.      Pergerakan bangsa terjajah di Asia

d.      Kemenangan Rusia atas Jepang

 

Konsep Lain yang Berhubungan dengan Nasionalisme

          Beberapa konsep atau istilah yang memiliki kaitan atau berhubungan dengan nasionalisme antara lain sebagai berikut.

a.      Patriotisme

Patriotisme adalah sikap dan perilaku seseorang yang dilakukan dengan penuh semangat rela berkorban untuk kemerdekaan, kemajuan, kejayaan, dan kemakmuran bangsa. Seseorang yang memiliki sikap dan perilaku patriotik ditandai oleh adanya hal-hal sebagai berikut.

1)           Rasa cinta pada tanah air

2)         Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara

3)         Menempatkan persatuan, kesatuan, serta keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan

4)         Berjiwa pembaharu

5)         Tidak mudah menyerah

Konsep patriotik tidak selalu terjadi dalam lingkup bangsa dan negara, tetapi juga dalam lingkup sekolah dan desa atau kampung. Kita mungkin menemukan seorang siswa atau masyarakat berbuat sesuatu yang mempunyai arti sangat besar bagi sekolah atau bagi lingkungan desa atau kampung.

b.     Chauvinisme

Chauvinisme adalah rasa cinta tanah air yang berlebihan dengan mengagungkan bangsa sendiri dan merendahkn bangsa lain. Contoh Chauvinisme seperti yang dikemukakan oleh Adolf Hitler dengan kalimat Deutschland Uber Alles in der Welt ( Jerman di atas segala-galanya dalam dunia ). Slogan ini kadang masih dipakai di Jerman unutk memberi semangat pada atlet dalam bertanding. Inggris juga punya slogan Right or Wrong is My County. Demikian pula Jepang yang menganggap bangsanya merupakan keturunan Dewa Matahari.

c.      Sukuisme

Sukuisme adalah suatu paham yang memandang bahwa suku bangsanya lebih baik dibandingkan dengan suku bangsa yang lain, atau rasa cinta yang berlebihan terhadap suku bangsa sendiri.

 

Rasa Kebangsaan

         

Rasa kebangsaan adalah salah satu bentuk rasa cinta yang melahirkan jiwa kebersamaan pemiliknya. Untuk satu tujuan yang sama, mereka membentuk lagu, bendera, dan lambang. Untuk lagu ditimpali dengan genderang yang berpengaruh dan trompet yang mendayu-dayu sehingga lahirlah berbagai rasa. Untuk bendera dan lambang dibuat bentuk serta warna yang menjadi cermin budaya bangsa sehingga menimbulkan pembelaan yang besar dari pemiliknya.

Dalam kebangsaan kita mengenal adanya ras, bahasa, agama, batas wilayah, budaya dan lain-lain. Tetapi ada pula negara dan bangsa yang terbentuk sendiri dari berbagai ras, bahasa, agama, serta budaya. Rasa kebangsaan sebenarnya merupakan sublimasi dari Sumpah Pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati, dan disegani di antara bangsa-bangsa di dunia.

Wawasan Nusantara dalam kehidupan nasional yang mencakup kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan harus tercermin dalam pola pikir, pola sikap, serta pola tindak yang senantiasa mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) di atas kepentingan pribadi atau  golongan.

Wawasan Nusantara menjadi nilai yang menjiwai segenap peraturan perundang-undangan yang berlaku pada setiap strata di seluruh wilayah negara, sehingga menggambarkan sikap dan prilaku, paham, serta semangat kebangsaan atau nasionalisme yang tinggi merupakan identitas atau jati diri bangsa Indonesia.

Ikatan niai-nilai kebangsaan yang selama ini terpatri kuat dalam kehidupan bangsa Indonesia yang merupakan pengejawantahan dari rasa cinta tanah air, bela negara, serta semangat patriotisme bangsa mulai luntur dan longgar bahkan hampir sirna. Nilai-nilai budaya gotong royong, kesediaan untuk saling menghargai, dan saling menghormati perbedaan, serta kerelaan berkorban untuk kepentingan bangsa yang dahulu melekat kuat dalam sanubari masyarakat yang dikenal dengan semangat kebangsaannya sangat kental terasa makin menipis.

 

Semangat Kebangsaan

          Pengertian semangat kebangsaan atau nasionalisme, merupakan perpaduan atau sinergi dari rasa kebangsaan dan paham kebangsaan. Dengan semangat kebangsaan yang tinggi, kekhawatiran akan terjadinya ancaman terhadap keutuhan dan kesatuan bangsa akan dapat dielakkan. Dari semangat kebangsaan akan mengalir rasa kesetiakawanan sosial, semangat rela berkorban, dan dapat menumbuhkan jiwa patriotisme. Rasa kesetiakawanan sosial akan mempertebal semangat kebangsaan suatu bangsa. Semangat rela berkorban adalah kesediaan untuk berkorban demi kepentingan yang besar atau demi negara dan bangsa telah mengantarkan bangsa Indonesia untuk merdeka. Bagi bangsa yang ingin maju dalam mencapai tujuannya, selain memiliki semangat rela berkorban, juga harus didukung dengan jiwa patriotik yang tinggi. Jiwa patriotik akan melekat pada diri seseorang, manakala orang tersebut tahu untuk apa mereka berkorban.

 

Paham Kebangsaan

          Paham kebangsaan merupakan pemahaman rakyat serta masyarakat terhadap bangsa dan negara Indonesia yang diproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Uraian rinci tentang paham kebangsaan Indonesia sebagai berikut.

          Pertama, “atas rahmat Allah Yang Maha Kuasa” pada 17 Agustus !945, Bersamaan dengan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia lahirlah sebuah bangsa yaitu “Bangsa Indonesia”, yang terdiri atas bermacam-macam suku, budaya, etnis, dan agama.

          Kedua, bagaimana mewujudkan masa depan bangsa ? Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 telah mengamanatkan bahwa perjuangan bangsa Indonesia telah mengantarkan rakyat Indonesia menuju suatu negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Uraian tersebut adalah tujuan akhir bangsa Indonesia yaitu mewujudkan sebuah masyarakat yang adil dan makmur. Untuk mewujudkan masa depan bangsa Indonesia menuju ke masyarakat yang adil dan makmur, pemerintah telah melakukan upaya-upaya melalui program pembangunan nasional baik fisik maupun nonfisik.

 

KESIMPULAN

1.       Nasionalisme adalah suatu gejala psikologis berupa rasa persamaan dari sekelompok manusia yang menimbulkan kesadaran sebagai bangsa.

2.     Munculnya nasionalisme pada masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh faktor dari dalam ( intern ) dan faktor dari luar ( ekstern ).

3.     Ada tiga konsep lain yang berhubungan dengan nasionalisme antara lain Patriotisme, Chauvinisme, dan Sukuisme.

4.     Rasa kebangsaan adalah salah satu bentuk rasa cinta yang melahirkan jiwa kebersamaan pemiliknya.

5.     Semangat kebangsaan merupakan perpaduan atau sinergi dari rasa kebangsaan dan paham kebangsaan.

6.     Paham kebangsaan merupakan pemahaman rakyat serta masyarakat terhadap bangsa dan negara.

 

 

About these ads

72 Responses to “MENUNJUKKAN SEMANGAT KEBANGSAAN”

  1. n3o9yrn-unspmg5-tw6q7011-0 progressive insurance

    http://online-gambling-mo.lookera.net#1

    [url=http://roulette-mo.lookera.net#3]roulette[/url]
    [url]http://urlser.com/?qbKvI#4[/url]
    [http://urlser.com/?qbKvI#5 health insurance]
    “life insurance”:http://urlser.com/?boo2X#6
    [LINK http://urlser.com/?3kTmj#7%5Dauto insurance quotes[/LINK]
    [img]http://victor.freewebhostingpro.com/1.php[/img]

  2. Hopystipt said

    Tahnks for posting

  3. Nurul said

    boleh minta macam-macam Nasionalisme???

  4. kecrexz said

    nunut ngeprint yaa

    thanks b4

  5. blue said

    ikut ngopy yach wat karya tulis. syukron…..

  6. dee-dee said

    blogx bgussssss bgtttttttt!

  7. makaci tas resume nya. maaf ta jadikan bahan mata kuliah aQ.
    salam knal dari nazi

  8. Baby said

    nih akibat nasionalisme cuma segitu…??
    setau gw banyak dh…
    spesifik na dnk…
    ^^

  9. d-man said

    Makasi ya.Permisi,aq ambil dEfinisi2 paham,rasa,en smangat kbngsaan. :D

  10. ica_tauriza said

    wah..bole niy bwt tgsq…

    makasi y^^

  11. ~MeRz said

    wah…. lmayan lahhh wat ngerjaen pr gw wkwkwkwkwk

  12. ocha said

    thanks for this post tapi kurang lengkap karna gg ada contoh semangat kebangsaan

    • isnanimurti said

      Contoh semangat kebangsaan: jujur dalam bekerja, membela tanah air, cinta tanah air, mempromosikan bangsa ini, menulis, meneliti dll untuk keharuman bangsa, dan lain-lain. tq.

  13. MEILINDA said

    ak mu minta tlg neh…
    Macam-macam semangat kebangsaan apa aja si
    ??

    • isnanimurti said

      sdr Meilinda, banyak sekali macamnya semangat kebangsaan, misalnya cinta tanah air, mengisi kemerdekaan dengan semangat, jujur dalam bekerja, pantang menyerah dalam mempromosikan bangsa, belajar sungguh-sungguhpun juga termasuk lho. Dan masih banyak lagi. Coba tebak.

    • Bintang said

      usaha donnnnkkkk!!!!jngan cma mnt tlng ja okeyyyyyy…….

  14. lukman said

    contoh dari ekstremisme itu sndiri apa ??

  15. amoura said

    thanks for the writter, nasionalisme harus di tanamkan untuk menjadi seorag patriot bangsa sendiri.

  16. audri said

    apa ajja sih makna semangat kebangsaan dalam uud1945

  17. mustika dyah indraswari said

    q ingin siswa yang mempunyai semangat patriotisme dan nasionalisme untuk indnonesia tercinta….. q siswa smanta… smanta jaya….

  18. teLa said

    weh. 6 sikap positif thd patriotisme ind di daerah reformasi ap?

  19. Aya said

    hasil post nya bagus!!! dijadiin bahan referensi tugas blh ya..oiya, mau tanya dong, yang menulis postingan ini siapa?soalnya perlu mencantumkan penulis buat referensi

  20. hos tjokroaminoto said

    just one less: please explain ’bout socialism too :)
    coz it’s incomplete if u not included socialism.
    thanks b4.

    maju dan bersatulah indonesia

  21. deden..

    w, nanya golongan terpelajar, bkn nasionalisme…

    gimana sih…
    ngak jlz…

    ERROR>>>>>>>>>>>

  22. ade febryanti said

    makasih atas resumenya…dan semoga tambah sukses..amieen..

  23. TULISANNYA CUKUP BERMANFAAT. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

  24. rafael said

    apa sih contoh nasionalismu itu sendiri atu bentuk nya mohon penjelasan sebelumnya terimakasih

  25. THIQA said

    taqss yya dah bantuu qu …
    hhheeee…

  26. Sumiati said

    Mksih ats bntuanyh

  27. nia naK PAdang said

    alhmdulillah,,,,ok nech,,,,thankzzzzzzzzzzz,,,siap jg dech tugas we,,,^_-

  28. mutya said

    thanks a lot yaaaaaaaa……..!!!!!!!!!!!! atz pngrtian nya, untung dha kamuuuuuu………..

  29. johnterro said

    tapi chauvinisme hanya merusak, itu sih menurutku :D

  30. alwi said

    makasih yah,,,,,,,

    akhirnya semua tugasku selesai,,,,

    alhamdulillah,,,,,,,,,,,,

  31. wawan said

    lmayan neh bwt tgs gw .
    thanks yaw !

  32. Wulan said

    em,. maaf ni,.. setauku unsur nasionalisme tu ada nilai unity, kebebasan, kesamaan ,kepribadian dan prestasi

  33. faisal said

    bagus banget artikelnya… makasih ya.

  34. faisal said

    kalo boleh saya tanya apakah sukuisme dan primordialisme itu sama atau tidak..? terima kasih..

  35. ika said

    mana yah pengertian patriotismenya?
    tapi itu kan berhubungan ,tapi knapa tak dijelas kan scara detail?
    thanks…

  36. gaby said

    bagus tapi tulisannya terlalu keciiiil :(

  37. dedy said

    thanks..
    atas pengertian nya..

  38. Nadia C said

    Contoh2 perilaku nasonalisme nya bisa ditambahin… btw bagus banget artikelnya

  39. Astry-karisma said

    .iZiin copaz y…
    khan lMayan buat tgas.qu..he.he.he

  40. fya said

    mksih yOe…

  41. aina said

    bagus tpi tlsanx kcil

  42. aina said

    terlalu baxk……..

  43. Ri Danty said

    like it…

  44. iryani dwie said

    mba tolong ksih tau referensi buku kebangsaan menurut para ahli donk??

  45. hahahahaha,,, izin jadikan sebagai bahan presentasi besok pasgi yak.. hehehe.. *copas*

  46. jaket kulit…

    [...]MENUNJUKKAN SEMANGAT KEBANGSAAN « Jurnal Isnani Murti[...]…

  47. cicuty said said

    qw minta tolong c bagaimana cara kita menunjukan semangat kebangsaan?

  48. Iqbaale Jr said

    Kok contoh-contoh semangat kebangsaannya tdk ada sih….

  49. Desy said

    tolong carikan paham kebangsaan menurut beberapa ahli?
    makasih.

  50. Safiya said

    Thanks for information

  51. nn said

    makasih infonya…aku jadi bisa garap PR

  52. fani oktafian said

    apa contoh” sikap yg menunjukkan semangat kebangsaan,parteriottisme,nasionallisme di lingkungan kita

  53. Tulisanya sangat bermanfaat. Semoga rasa nasionalisme kita tertanam di dalam hari kita semua. Salam blogger.

  54. Retno Sari said

    tujuan nasionalisme secara umum itu apa yah ??

  55. momneristo said

    Jelas,keterpurukan bangsa seperti sekarang ini adalah karena nasionalisme berbentuk persatuan dan kesatuan dengan operasionalnya patriotisme sudah sangat tipis bahkan sudah ada yang minus dibawah nol.Maka penting untuk dibenahi nasionalisme.Buat undang undang nasionalisme agar mengikat dan ada punish and reward.Buat Bhineka Tunggal Ika Awards.Yang berkelahi, berantem antar SARA dihukum seberat beratnya.Pasti Indonesia cepat maju dan modern.Ayo mari ramai ramai membuat Komite persatuan dan kesatuan,atau sejenisnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 261 other followers

%d bloggers like this: